Home / Finishing Jati Belanda / Finishing Kayu Jati Belanda

Finishing Kayu Jati Belanda

Finishing Kayu Jati Belanda Dengan Biopolish

Bagaimana proses finishing kayu jati belanda? Beberapa cara bisa dilakukan Untuk finishing kayu jati belanda, Sama seperti jenis kayu lain pada umumnya, Namun tiap kayu memiliki karakteristik khusus yang harus diperhatikan agar proses finishing berjalan sukses. Pertama kita harus terlebih dahulu memperhatikan keunggulan maupun kekurangan. Dengan demikian, bahan-bahan finishing yang digunakan pun sebaiknya sesuai dengan karakteristik tersebut.

Sekilas Mengenai Kayu Jati Belanda

Kayu Jati Belanda adalah kayu yang sering disebut sebagai kayu peti kemas atau pallet kayu. Kayu ini telah digunakan sejak dulu dan memiliki peminat tersendiri. Keunggulan kayu ini terletak pada:

Harga yang murah
Warna cerah
Penampilan bersih
Serat kayu halus
Bobot ringan.

Sedangkan kekurangan kayu ini terletak pada kerapatannya yang rendah sehingga tidak terlalu tahan air.

Berdasarkan kelebihan dan kekurangan tersebut, kayu ini cocok digunakan sebagai bahan furniture namun tidak dianjurkan sebagai bahan produk-produk yang langsung bersentuhan dengan air. Misalnya ember kayu.

Produk Finishing Kayu Jati Belanda yang Diperlukan

Proses finishing kayu Jati Belanda pada dasarnya sama saja sebagaimana finishing kayu jenis lainnya. Namun demikian, proses finishing tersebut harus bisa menutupi kekurangan kayu ini yang cenderung tidak rapat dan rentan terhadap air. Bila tidak, furnitur kayu yang dihasilkan menjadi kurang awet. Atau dengan kata lain, produk finishing yang digunakan haruslah yang bisa memberikan lapisan perlindungan yang benar-benar baik. Anda bisa menggunakan seri cat water based Bioindustries yang memiliki water resistance baik.

Atau bila menginginkan finishing natural tanpa coating, gunakan saja Biopolish Exterior (untuk eksterior) dan Biopolish Interior (untuk interior). Poles tersebut menawarkan keunggulan maksimal karena memiliki sifat water resistance dari kandungan beeswax dan vegetable oil-nya. Produk finishing sekaligus perawatan ini juga unggul karena dapat masuk ke dalam substrat kayu sehingga pelindungan yang diberikan tidak hanya di lapisan luarnya. Biopolish juga akan melindungi kayu dari faktor merusak lainnya seperti paparan cuaca dan mikroorganisme. Penggunaannya pun aman karena berkualitas food grade (aman bersentuhan dengan makanan) dan sudah mendapat sertifikat dari FDA Amerika Serikat.

Cara Mengaplikasikan Biopolish
Berikut ini langkah-langkah mengaplikasikan Biopolish untuk perawatan maupun finishing kayu Jati Belanda dengan tampilan natural look:

  • Oleskan merata Biopolish pada permukaan kayu Jati Belanda.
  • Tunggu sekitar 10 menit agar Biopolish meresap dalam substrat kayu.
  • Gosok dengan kain lembut dan bersih agar lapisan terlihat mengkilap dan warna kayu semakin tajam.Proses

finishing kayu Jati Belanda dengan Biopolish akan menghasilkan warna sangat natural. Bila Anda menginginkan warna lain, proses ini dapat ditambah dengan pewarnaan menggunakan BioColours Bioduco Solid Stain atau BioColours Wood Stain Outdoor (WSO) dulu sebelumnya.

Jati belanda termasuk salah satu kayu yang sulit dicat dengan wood stain. Ini disebabkan karena sifatnya yang tidak “stabil” menyerap warna. Akibatnya, akan timbul permukaan cat yang tidak mulus dan seragam.

Sebaiknya bila Anda menginginkan kayu jati belanda yang berwarna, gunakan cat dasar dahulu. Dengan begitu warna yang dihasilkan akan jauh lebih seragam dan indah.

Untuk informasi pemesanan Biopolish klik disini.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*