Macam-macam Jenis Teknik Sambungan Kayu Sesuai Kegunaannya

Macam-macam Jenis Teknik Sambungan Kayu Sesuai Kegunaannya. -Ada bermacam jenis teknik dalam proses penyambungan kayu. dari teknik menyambung yang paling sederhana hingga yang paling sulit (complicated).

Semakin suli teknik yang digunakan dalam menyambung kayu, maka sambungan akan semakin kuat, Namun harus didukung juga dengan kualitas dari material kayu dan lem yang digunakan agar sambungan kayu lebih kuat. dan untuk kadar air dalam kayu harus memenuhi standar antara 15 sd 12 mc semakin kecil kadar air akan semakin baik. Karena kadar air yang sedikit membuat lem semakin kuat sehingga penyambungan kayu akan sempurna.

Dalam proses menyambung kayu, pilih jenis teknik Sambungan kayu sesuai kegunaanya. Misalnya untuk sambungan kayu di gunakan untuk rangka di bawah atap itu sangat diperlukan factor kekuatan. Untuk sambungan kayu digunakan untuk membuat kerajinan, yang diutamakan yaitu factor keindahan. Dan untuk sambungan kayu yg digunakan untuk membuat furniture yang diutamakan adalah kekuatan dan keindahan.

Berikut Macam-macam jenis teknik sambungan kayu sesuai kegunaannya. namun disini tidak membahas semua jenis sambungan kayu, hanya akan membahas Jenis sambungan yang paling umum pada pekerjaan kayu saja.

Teknik Menyambung Kayu BUTT JOINTS & MITERED BUTT JOINTS

BUTT JOINTS & MITERED BUTT JOINTS

Teknik menyambung kayu dengan cara teknik sambungan paling sederhana, menyambungkan kayu dengan menempelkan masing masing sisinya secara langsung. Teknik ini memiliki kekuatan sambungan paling kecil dibandingkan dengan yang lainnya, hanya bergantung kepada kekuatan lem yang digunakan. teknik menyambung kayu ini hanya memiliki 1 buah sisi sambungan lem.
Untuk penyambungan dengan teknik mitered butt joint ini biasa digunakan untuk penyambungan simple dan sederhana seperti pada frame, list kayu, dan lain-lain

Teknik Menyambung Kayu HALF LAP JOINTS

HALF LAP JOINTS

Teknik menyambung ini caranya hampir sama dengan Lap Joints tetapi yang membedakan adalah di kedua ketebalan kayu ini di potong ketebalannya hingga setengahnya kemudian baru di tumpuk atau di sambungkan.

Teknik Menyambung Kayu BOX JOINTS

BOX JOINTS

Teknik menyambung sudut kayu dengan membuat gerigi pada ujung sambungan secara overlapping atau membuat tumpang tindih.
Seperti yang bisa kalian lihat pada gambar diatas, teknik penyambungan ini lebih memiliki nilai seni yang cukup bagus.
Selain itu penyambungan dengan teknik ini juga cukup kuat dan bahkan bisa dikatakan kuat. Tergantung dari aplikasi lem penyambung yang kalian bubuhkan pada masing-masing sisi penyambungnya.

Teknik Menyambung Kayu MORTISE & TENON JOINTS

MORTISE & TENON JOINTS

Teknik menyambung kayu dengan melubangi pada salah satu kayu yang hendak disambung dan membuat lidah (tenon) untuk dimasukkan pada lubang (mortise) tsb.

Teknik Menyambung Kayu DOWEL

DOWEL

Teknik menyambung kayu ini adalah teknik menyambung dengna cara sangat sederhana dan mudah. Teknik Dowels ini memiliki kekurangan dari sisi kekuatannya. Karena ukuran penyambungnya sendiri berukuran kecil dan mudah patah. Penggunakan teknik sambungan ini hanya dapat digunakan pada aplikasi ringan.
Contoh penerapan dari teknik sambungan dowels ini yaitu pada frame photo, meja kecil atau meja kopi, dan lain-lain.

Teknik Menyambung Kayu POCKET JOINTS

POCKET JOINTS

Teknik menyambung kayu sudut dengan cara memperkuat sambungan dengan menambah sekrup setelah membuat lubang kecil dengan sudut kemiringan 30-45 derajat. Untuk penggunaannya sendiri, teknik pocket holes ini bisa digunakan untuk pembuatan Meja, rak buku atau rak lain semacamnya dan bisa juga digunakan untuk pembuatan packaging dari kayu.

Teknik Menyambung Kayu TOUNGE & GROOVE

TOUNGE & GROOVE

Teknik menyambung kayu untuk lantai kayu atau bidang-bidang kayu dengan tujuan untuk memperlebar bidang tersebut. Caranya dengan membuat lidah pada salah satu sisinya dan membuat alur pada sisi lain. Pastikan ukuran kerokan dan sambungan jangan terlalu besar. Karena nanti akan mempengaruhi kekuatan sambungan dari kayu tersebut. Yang seimbang aja kaya gambar yang udah kami contohnya diatas. Selain terlihat lebih rapi dan presisi. Kekuatan yang dimiliki sambungannya pun kokoh.
untuk sambungan ini biasa digunakan untuk top table, lantai kayu dan lainnya.

Teknik Menyambung Kayu BRIDLE JOINT

BRIDLE JOINT

Teknik menyambung kayu ini memiliki kemiripan dengan mortise tenon joint, pemotongan tenon dilakukan pada salah satu kayu dan mortise dibuat pada kayu pasangannya. Ukuran pemotongan sesuai dengan lebar dari tenon, dan ini meruapakan ciri khas dari sambungan kayu jenis ini.
Bisa diliahat melalui gambar diatas, teknik menyambung kayu ini hanya memiliki 3 sisi permukaan kayu yang akan direkatkan dengan lem. Penggunaan teknik menyambung kayu ini biasa ditemukan pada kaki meja, dimana tenon akan mengahadap keatas dan memberikan kekuatan tambahan untuk tekanan, biasa ditambahakan pin untuk menambah kekuatan dari teknik sambungan kayu ini.

TEKNIK MENYAMBUNG KAYU DOVETAILS

DOVETAILS

Teknik menyambung kayu teknik ini sambungan sudut yang hampir mirip dengan teknik BOX JOINTS yang membedakan yaitu pada ujung gerigi. Pada BOX JOINTS unjung dan pangkal gerigi bersudut 90 derajat tetapi di DOVETAIL JOINTS ujung gerigi dibuat agak melebar. Tapi untuk tingkat kesulitannya memang lebih sulit dari membuat box joint. Alasannya karena memang dibutuhkan tingkat presisi yang tinggi agar nantinya kedua kayu dapat tersambung dengan sempurna.

About eno morgan

Check Also

Video Cara Menambal Lubang Bekas Paku Pada Kayu Jati Belanda

Video Cara Menambal Lubang Bekas Paku Pada Kayu Jati Belanda

Video Cara Menambal Lubang Bekas Paku Pada Kayu Jati Belanda Bagaimana caranya menambal lubang bekas …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.